Death by Powerpoint? Use Prezi…

Anda bosan dengan tampilan presentasi anda dengan powerpoint? Bila jawaban anda “IYA”, anda dapat mencoba menggunakan alternatif lain dalam menciptakan presentasi yang menarik. PREZI

Prezi is a cloud-based (SaaS) presentation software and storytelling tool for exploring and sharing ideas on a virtual canvas.

Menurut Wikipedia, yang membedakan Prezi dengan program presentasi lain semacam Powerpoint atau Keynotes adalah Zooming User Interface -nya, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan zoom-in dan zoom-out pada media presentasi mereka. Prezi digunakan sebagai platform untuk menghubungkan informasi linear dan non-linear, dan juga sebagai alat baik sebagai media brainstorming maupun presentasi terstruktur. Teks, gambar, video maupun presentasi lain ditempatkan pada kanvas virtual yang dapat dikelompokan pada bingkai yang sama. Pengguna prezi kemudian dapat menentukan ukuran dan posisi relatif antara semua obyek presentasi dan dapat menciptakan efek zoom pada obyek-obyek tersebut.

Prezi pertama kali dikembangkan oleh arsitektur asal Hungaria Adam Somlai-Fischer. Misi dari Prezi adalah “make sharing ideas more interesting”, dan dimaksudkan menjadi alat yang intuitif untuk mengembangkan dan berbagi ide dalam bentuk narasi visual.

Namun apakah setiap pengguna Prezi akan selalu menghasilkan presentasi yang menakjubkan?

Tidak juga….

Penulis PresentationZen, Garr Reynolds mengatakan bahwa dia tidak pernah sekalipun melihat presentasi yang baik dengan menggunakan Prezi.  Seperti yang diungkap oleh Carmine Gallo – penulis buku “The presentation Secrets of Steve Jobs – pada akhirnya yang menciptakan presentasi yang hebat adalah kemampuan bercerita, menyampaikan pengalaman dan berlatih.

Bagaimanapun, Prezi dapat menjadi alternatif yang menyegarkan ditengah mudahnya kita membuat presentasi yang membosankan dengan powerpoint. Berikut ini adalah contoh apa dan bagaimana membuat presentasi dengan menggunakan prezi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s