Teknik Menyusun Skripsi | Latar Belakang Masalah – Bag.1

Mulai bulan Februari ini, saya akan posting berkala perihal cara menyusun skripsi yang baik. Sebagai bagian dari Civitas Akademik UPI Bandung, maka cara penyusunan skripsi pun akan disesuaikan dengan kriteria penyusunan skripsi yang disyaratkan oleh UPI dengan berdasar pada “Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah UPI tahun 2011″.

———————————————————————————————————-

1. Alasan rasional dan esensial yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian berdasarkan fakta-fakta, data referensi dan temuan penelitian sebelumnya

Berdasarkan poin diatas (perhatikan yang dihuruf tebal), seorang peneliti sebaiknya memulai latar belakang permasalahannya dengan terlebih dahulu mengemukakan data dan fakta-fakta. Data dan fakta tersebut dapat berupa kutipan pernyataan dari ahli atau peneliti terdahulu, tabel, grafik ataupun gambar dan foto mengenai kondisi terkini lokasi penelitian.

Contoh :

——————————————————————————————————————————

Bus Shelter yang Rusak

Gambar 1.1. Shelter Bus yang rusak

(Courtesy http://www.yorkpress.co.uk/news/9401484.Bus_shelter_is_damaged_by_lorry_using_sat_nav/ )

Berdasarkan Gambar 1.1, dapat terlihat salah satu contoh shelter di kawasan ABC yang mengalami kerusakan dan belum diperbaiki. Sebagai salah satu sarana penting untuk suatu kawasan wisata, shelter rusak seperti ini dapat menggangu kenyamanan wisatawan. Fenomena terganggunya kenyamanan wisatawan juga dapat tergambarkan pada tabel keluhan wisatawan terkait fasilitas wisata di kawasan ABC.

Tabel 1.1 Keluhan Wisatawan terhadap Fasilitas di kawasan Wisata ABC

Item Keluhan

Jumlah Keluhan

Kebersihan Toilet

15

Kenyamanan Shelter

23

Kerapihan Ruang Tunggu

33

Keluhan-keluhan yang tercantum dalam Tabel 1.1 tersebut menggambarkan adanya permasalahan terkait kepuasan pelanggan di kawasan wisata ABC. Hal tersebut diperkuat dengan pernyataan dari pengelola kawasan yang mengatakan bahwa wisatawan yang berkunjung ke kawasan tersebut umumnya merupakan wisatawan yang baru pertama kali datang, dimana wisatawan tersebut umumnya enggan untuk datang kembali karena beragam keluhan.

——————————————————————————————————————————

Contoh diatas adalah salah satu contoh fenomena permasalahan penelitian yang baik karena memiliki unsur fakta-fakta berupa foto dan pernyataan pengelola serta data berupa tabel keluhan wisatawan. Dari fakta dan data tersebut, penulis skripsi dapat mengajukan alasan rasional mengapa penelitian tersebut perlu dilakukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s