Lie To Me

Lie to me merupakan judul film seri Amerika yang mengkisahkan seorang ahli Microexpression bernama Dr. Cal Lightman yang pekerjaannya adalah konsultan investigasi untuk kasus-kasus kejahatan yang sulit dipecahkan. Dr Lightman memiliki kemampuan untuk mengetahui apakah seseorang berbohong atau tidak bahkan tanpa orang tersebut berbicara sepatah katapun. Kemampuan tersebut ia miliki karena mempelajari ilmu Microexpression selama bertahun-tahun. Microexpression merupakan ilmu yang mempelajari tentang ekspresi mikro manusia dan pertama kali digagas oleh Haggard dan Isaacs pada tahun 1966 yang kemudian dikembangkan oleh Paul Ekman, seorang ahli psikologi asal Amerika pada tahun 1990.

Secara singkat, Microexpression adalah mimik wajah sesaat yang tanpa disadari muncul pada wajah manusia yang menggambarkan emosi yang dirasakannya pada saat itu. Ekspresi tersebut umumnya muncul pada kondisi yang spontan dan tanpa bisa dikontrol oleh manusia. Tidak seperti expresi manusia yang umum, ekspresi mikro sangat sulit disembunyikan. Berdasarkan penelitian, Ekspresi mikro memiliki 17 emosi universal yang terdapat pada setiap orang dari manapun asal orang tersebut. Emosi yang dimaksud diantaranya adalah rasa jijik, marah, takut, sedih, gembira, terkejut, menghina, terhibur, malu, rasa bersalah, bangga, puas, lega dan nikmat.

Apa relevansinya dengan kehidupan kita?

Tentu akan mudah bagi kita untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain jika saja kita  menguasai microexpression ini. Kita akan peka pada perasaaan dan emosi orang yang sedang kita ajak berbicara, dan bereaksi dengan ekspresi yang tepat agar tujuan komunkasi kita dapat tercapai. Memudahkan kita untuk memahami maksud pasangan kita. Atau bila anda seorang pedagang, akan mudah mengetahui gertakan dari seorang pembeli ketika menawar harga barang. Sebaliknya, dengan mempelajari ekspresi mikro, seorang pembeli dapat mengetahui apakah harga yang ditawarkan oleh pedagang masih bisa ditawar atau tidak. Untuk seorang guru atau dosen, mempelajari ekspresi mikro, memudahkan kita untuk mengetahui mana mahasiswa yang sedang berbohong atau jujur ketika beralasan bahwa tugasnya ketinggalan😀.

So…

Lie to me? Silahkan… :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s