Happily Ever After…

“And they lived happily ever after.”

– Cinderella, Raspunzel, Princess & the Frog, Barbie, Dora, Shrek… you named it –

Disadari atau tidak, hampir seluruh dongeng anak yang berasal barat, selalu diakhiri dengan kalimat tersebut. Kalimat yang mempertegas bahwa akhir cerita berakhir bahagia. Sebuah kisah yang menjadi salah satu pembentuk fenomena American Dream. Harapan kehidupan baru yang cemerlang di negara Impian.

Tidak ada yang salah dengan harapan dan mimpi akhir yang bahagia. Semua orang berhak memiliki mimpi dan berbahagia selamanya. Bahkan mungkin itulah yang ada dalam pikiran setiap calon pengantin di malam sebelum hari pernikahannya. Happily ever after.

Mereka bertemu, jatuh cinta, sedikit bumbu konflik, jatuh cinta lagi, konflik lagi, jatuh cinta lagi, menikah dan bahagia. Persis sinetron di TV yang punya ratusan episode.

Yang tidak diketahui oleh para pasangan tersebut, disetiap akhir lembar cerita dongeng (atau akhir episode sinetron), akan selalu ada lembar lanjutan. Tepat setelah resepsi selesai, hidangan tak bersisa, lagu bahagia berhenti mengalun dan masa bulan madu berakhir, masalah sebenarnya muncul. Mulai dari masalah “ringan” seperti memilih tipe rumah, pindahan, tata ruang kamar, warna cat atau isi kulkas, hingga masalah “berat” seperti masalah keuangan atau perbedaan “prinsip” lain yang sering menjadi masalah rumah tangga artis yang sering berujung pada perceraian.

Sejujurnya, dongeng-dongeng lokal asli Indonesia seperti Malin Kundang atau Sangkuriang tampaknya lebih realistis dibanding dongeng-dongeng Once Upon a Time-nya Hollywood. Sekali lagi, tidak ada yang salah dengan akhir cerita yang bahagia. Selama kita mengetahui dan siap menghadapi episode-episode berikutnya yang sangat mungkin tidak berjalan dengan bahagia. Seperti yang ditulis oleh Jean Ferris dalam Twice Upon a Marigold

“And they lived happily (aside from a few normal disagreements, misunderstandings, pouts, silent treatments, and unexpected calamities) ever after.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s