Solve the Rubik under 5 minutes or even under 3 seconds

Pada tahun 1974, Erno Rubik, professor arsitektur asal Hungaria menciptakan Puzzle mekanis yang diberi nama “Magic Cube”. Dikemudian hari, puzzle mekanis tersebut diubah nama menjadi “Rubik’s Cube” mengikuti nama dari penciptanya.

Untuk Rubik’s Standar (3x3x3), Rubik memiliki 43.252.003.274.489.856.000 atau 43 quintillion (milliar milliar) kemungkinan kombinasi posisi. Artinya, dengan asumsi untuk setiap detiknya bisa mencoba satu kombinasi posisi, maka dibutuhkan  1.406.185.083.570 tahun (1.4 triliun tahun) bagi seseorang untuk menyelesaikan semua kemungkinan kombinasi tersebut.

Apakah kita bisa menyelesaikan rubik dibawah 1 menit?

Walaupun nampaknya sangat mustahil, sebetulnya cube dapat diselesaikan hanya dengan 56 gerakan atau bahkan kurang. Apabila satu gerakan dapat dilakukan dalam waktu satu detik, maka hanya diperlukan 56 detik saja untuk menyelesaikan sebuah rubik.

Bahkan dengan teknik latihan kombinasi jari, Yu Nakajima – pemain rekor permainan rubik asal Jepang – dapat menyelesaikan rubik dalam waktu dibawah 6.57 detik seperti terlihat dalam video ini.

Apakah kita bisa melakukan apa yang Nakajima lakukan dengan menyelesaikan rubik dibawah 10 detik? Nawajima ini mungkin pengecualian…

Tapi sebenarnya sangatlah mungkin untuk menyelesaikan rubik dibawah 5 menit.

Sekitar 4 tahun lalu, ketika sedang “tergila-gila” pada rubik, (saya memiliki 13 rubik mulai dari pyramid, void, 2×2 sampai 7×7) saya dapat menyelesaikan rubik 3×3 dengan waktu tercepat 1 menit 34 detik. Rekor tersebut saya buat dengan menggunakan rubik 3×3 biasa yang tidak diperuntukan untuk perlombaan. Namun ketika bulan lalu saya mencoba kembali, butuh 4 menit 8 detik bagi saya untuk menyelesaikan rubik yang sama….

Yeah, manusia memang makhluk pelupa…😀

Setelah berlatih beberapa kali, kini saya kembali bisa menyelesaikan rubik tersebut dalam waktu kurang dari dua menit. Berlatih, berlatih dan berlatih. Itulah kuncinya. Pengalaman menunjukkan, tidak ada satupun metoda latihan yang dapat mengalahkan drill method…

Lalu….

Bagaimana jika anda telah berlatih berulang-ulang, namun tetap tidak juga mampu menyelesaikan rubik dalam waktu yang cepat? Jangan khawatir, anda tetap bisa menyelesaikan rubik dalam waktu yang sangat singkat. Berikut saya embed video tentang triks bagaimana menyelesaikan rubiks dalam waktu yang sangat singkat (dibawah 3 detik) walaupun anda belum lama memegang rubik…

Referensi : Berbagai sumber dan buku Kitab Sakti Master Rubik (Abel Brata, 2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s